Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Pengeritingan

Rambut lurus sudah biasa, banyak orang yang memiliki rambut dengan kondisi lurus. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memiliki rambut keriting. Pada masa sekarang, rambut keriting dianggap sebagai salah satu tren baru yang banyak digemari oleh kaum muda. Alasannya adalah dengan rambut yang sedikit keriting atau bergelombang, tampilan seseorang bisa semakin glamor dan dewasa.

Padahal, jika kita mengetahui, tipe rambut keriting adalah satu tipe rambut yang paling sulit untuk ditata dan dirawat. Biasanya rambut keriting lebih mudah kering dan mudah rusak jika dibandingkan dengan jenis rambut yang lain. Selain itu, tipe rambut keriting juga lebih mudah bercabang pada ujung-ujung rambutnya. Apalagi jika Anda melakukan proses hair styling rambut pada rambut keriting, maka akan jauh lebih rentan lagi kondisi rambut Anda.

 

cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan

Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Pengeritingan

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa pengeritingan rambut bisa dilakukan dengan cara tradisional, tapi seiring dengan zaman yang semakin maju akan teknologinya, proses pengeritingan rambut dapat dilakukan secara sekejap dengan bantuan hair curler. Akan tetapi, dikarenakan panas yang berlebihan yang harus dirasakan oleh rambut membuatnya rusak dan kehilangan keindahan alaminya. Oleh karena itu, Anda harus memahami bagaimana cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan, seperti:

  1. Kurangi penggunaan hair curler

Panas yang terlalu tinggi pada alat pengeriting menyebabkan hilangnya kemampuan rambut untuk memproduksi zat yang membuat rambut tampak sehat dan indah. Untuk itu, jika Anda merupakan salah satu orang yang setiap hari menggunakan alat ini, sebaiknya mulai kurangi dari sekarang karena rambut merupakan investasi jangka panjang yang sulit untuk digantikan dengan apapun. Bahkan sebaiknya hentikan sama sekali penggunaan alat-alat yang mengandung panas tinggi pada rambut Anda seperti alat pengeriting rambut dan hair dryer.

Kondisi rambut yang terkena panas tinggi secara terus menerus akan makin melemah. Saat makin melemah, maka akan semakin mudah untuk mengalami kerusakan. Gunakan juga topi atau pelindung kepala jika Anda sering berada di luar ruangan pada siang hari untuk melindungi rambut dari panas matahari dalam jangka waktu yang lama.

  1. Gunakan cara tradisional

Cara tradisional memang tidak secepat teknologi sekarang, tetapi dari segi kesehatan rambut, cara ini merupakan yang paling tepat. Beralih ke metode lama untuk mengeriting rambut sudah banyak dilakukan oleh kaum muda melalui berbagai jejaring sosial. Ada yang berbagi mengenai tips dan trik melakukan teknik pengeritingan tanpa panas dengan bantuan alat berbeda, seperti sedotan, kertas karton, maupun rol rambut.

Tidak memaksa untuk menyisir rambut dalam kondisi masih sangat basah juga bisa membantu rambut Anda. Cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan ini cukup mudah. Anda cukup membiarkan rambut Anda mengering secara natural atau dengan bantuan kipas angin.

Tips lainnya untuk merawat rambut adalah sisir dengan gerigi yang tidak terlalu rapat. Biarkan juga rambut Anda dalam kondisi yang tidak terikat, sehingga rambut tidak ditarik-tarik secara terus menerus.

  1. Nutrisi rambut penting!

Disaat Anda sakit, pasti membutuhkan obat untuk lekas pulih dan kembali beraktivitas. Hal ini pula yang menjadi cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan. Namun, yang diberi untuk rambut kali ini bukanlah obat, melainkan berbagai jenis vitamin rambut yang mampu mengembalikan nutrisi yang hilang karena panas berlebihan. Tonik, vitamin rambut, hingga hair mask bisa digunakan secara rutin dan bergantian agar terus memberi asupan gizi agar rambut kembali sehat. Anda bisa menggunakan tonik dan vitamin rambut ini secara berkala, bisa dua atau tiga hari sekali untuk menjaga kondisi kesehatan rambut.

Nutrisi untuk rambut juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari. Biasakan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh secara umum dan kondisi rambut secara khususnya.

 

  1. Berikan conditioner alami pada rambut Anda

Rambut yang mengalami proses pengeritingan harus selalu dijaga kelembaban alaminya. Oleh sebab itu memberikan conditioner alami pada rambut keriting bisa membantu menjaga kondisi kesehatannya. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan diantaranya sebagai berikut:

Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai conditioner alami untuk rambut Anda. Cukup dengan mencampurkan setengah mangkok cuka apel dengan 2 mangkok air, lalu Anda bisa mengusapkannya pada rambut setelah melakukan keramas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas lagi rambut Anda hingga bersih.

Minyak Zaitun, bahan alami ini juga sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini sebagai satu alternative cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan. Setelah melakukan keramas, Anda bisa memberi dan memijat rambut Anda dengan minyak zaitun hingga merata dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dan bilas rambut Anda dengan air hingga bersih. Anda bisa lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

Madu, bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan. Anda bisa menggunakan madu yang dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun ke dalam satu wadah khusus. Lalu aduk sampai tercampur keseluruhan. Jumlah disesuaikan dengan volume rambut Anda masing-masing ya. Kemudian, usapkan dan pijat lembut ke seluruh rambut dan bagian kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Buah Alpukat, buah ini termasuk buah yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut alami. Buah alpukat bisa Anda campurkan dengan minyak zaitun dan buah lemon. Jumlahnya bisa Anda sesuaikan dengan volume rambut Anda. Campur adonan masker rambut tersebut sampai merata, lalu usapkan dan pijat ke seluruh rambut dan kulit kepala sampai merata. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih dan tidak ada bekas yang tertinggal pada rambut Anda.

  1. Cuci rambut berkala

Salah satu cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan adalah dengan rutin mencuci rambut atau melakukan keramas. Keramas dengan menggunakan shampoo ini akan membantu menjaga rambut tetap dalam keadaan lembab. Anda bisa memilih shampoo yang tidak mengandung bahan asam sulfat supaya lebih aman untuk kondisi rambut Anda yang keriting dan (biasanya) kering. Gunakan air dingin saat membilas rambut Anda setelah melakukan keramas.

Anda tidak perlu melakukan keramas setiap hari. Jaga frekuensi keramas Anda sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu supaya tidak terlalu sering terkena bahan kimia pada shampoo. Gunakan conditioner rambut alami setelah melakukan keramas ya.

Saat selesai melakukan keramas dan hendak mengeringkan dengan handuk, baiknya jangan digosok-gosok secara kasar ya. Pakai handuk secara perlahan dan lembut pada rambut Anda yang masih dalam kondisi basah hingga berkurang perlahan-lahan basahnya.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rusak akibat pengeritingan yang bisa Anda coba. Walaupun rambut bisa dikembalikan keindahannya secara bertahap, namun sebaiknya Anda menjaganya sebelum terjadi kerusakan. Untuk itu, batasi hal-hal yang bisa berpotensi merusak rambut mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *