Cara Merawat Rambut Rusak dengan Minyak Zaitun

Memiliki rambut rusak memang bisa bikin hati galau. Mau bergaya bagaimana pun, jika rambut terlihat kusam dan kering, maka rasa percaya diri bisa berkurang, bahkan bisa hilang sama sekali.

Meski demikian, Anda tak usah khawatir. Apabila rambut Anda rusak karena berbagai sebab, maka cobalah simak artikel ini, yang akan membahas cara merawat rambut rusak dengan minyak zaitun.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi berbagai persoalan pada rambut Anda.

Cara Merawat Rambut Rusak dengan Minyak Zaitun

Beberapa ciri rambut rusak yang mudah diketahui adalah sebagai berikut:

  • Rambut terlihat kering dan kusam
  • Jika dipegang maka akan terasa kasar pada tangan
  • Ujung-ujung rambut bercabang
  • Rambut mudah mengembang sehingga susah ditata
  • Rambut rapuh, mudah patah, bahkan mudah rontok

Kerusakan-kerusakan rambut tersebut biasanya disebabkan oleh pemakaian obat-obatan kimia yang berlebihan, misalnya dalam perawatan smoothing, rebonding, maupun curling.

Bisa juga disebabkan oleh pemakaian alat-alat perawatan bersuhu panas dalam jangka waktu lama dan sering, misalnya alat pengering, alat catok, alat pemanas, maupun alat catok rambut bergelombang (curly).

Bahkan kerusakan dan kerontokan rambut bisa juga diakibatkan karena penggunaan bahan atau produk perawatan yang tidak cocok dengan kulit kepala, seperti shampoo, kondisioner, minyak rambut, dan sebagainya.

Seringkali kita tidak menyadari faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan pada kulit kepala. Pekerjaan sehari-hari, dikejar oleh deadline pekerjaan atau tugas kantor, membuat kita tidak mempedulikan kondisi kesehatan dan kelembaban kulit kepala.

 

Untuk mengatasi kerusakan-kerusakan rambut tersebut menggunakan minyak zaitun, caranya cukup mudah. Dalam penerapannya, sebaiknya minyak zaitun dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya agar lebih efektif dan daya kerjanya lebih maksimal.

Berikut ini beberapa tips merawat masalah kerontokan dengan minyak zaitun.

  1. Minyak Zaitun dan Madu

Campurkan 4 sendok makan madu dan 5 sendok makan minyak zaitun. Aduklah hingga keduanya tercampur secara merata. Setelah itu balurkan ke seluruh rambut sambil memijat-mijat kulit kepala dengan lembut.

Kemudian tutuplah kepala menggunakan shower cap, dan dibiarkan selama 30 menit. Lalu bilas rambut dengan air dan shampoo hingga bersih.

  1. Minyak Zaitun, Putih Telur, dan Air Lemon

Minyak zaitun pun dapat dipadukan dengan putih telur dan perasan air lemon untuk merawat berbagai macam masalah kerusakan pada kulit kepala.

Campurkanlah ketiga bahan tersebut dengan takaran sebagai berikut :

1 sendok makan minyak zaitun,

2 sendok makan air perasan lemon,

dan putih telur dari 1 butir telur.

Campurkan ketiga bahan tersebut secara merata, lalu aplikasikan ke seluruh kulit kepala. Saat dioles, lakukanlah sambil memijit-mijit kulit kepala anda agar nutrisi yang terkandung pada bahan-bahan tadi dapat mudah meresap masuk ke dalam akar dan kulit kepala.

Setelah itu tutuplah kepala dengan shower cap, lalu didiamkan selama 1 jam. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin dan shampoo agar bau amis putih telur tidak berbekas.

  1. Minyak Zaitun dan Buah Alpukat

Tips merawat masalah kerontokan dengan minyak zaitun berikutnya ialah dengan mencampur minyak zaitun dengan buah alpukat. Masker rambut minyak zaitun yang dicampur dengan buah alpukat bisa anda buat dengan kombinasi sebagai berikut.

Campurkan setengah bagian buah alpukat dengan 2 sendok teh minyak zaitun, lalu diblender hingga betul-betul lumat dan tercampur merata.

Aplikasikan masker rambut ini pada rambut yang sudah dikeramasi terlebih dahulu, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin, tanpa menggunakan shampoo lagi.

  1. Minyak Zaitun, Cuka Apel, Telur, dan Air Lemon

Bahan-bahan yang digunakan dalam panduan merawat rambut rusak dengan minyak zaitun kali ini cukup banyak. Siapkan semua bahan tersebut dengan perbandingan 1 sendok teh minyak zaitun, setengah sendok teh cuka apel, 1 butir telur, dan 1 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis.

Campurkan semuanya secara merata, yang sebaiknya menggunakan hand-mixer agar diperoleh hasil terbaik, lalu gunakan campuran tersebut untuk dijadikan masker rambut.

Setelah diaplikasikan secara merata pada rambut, tutuplah dengan shower cap, dan dibiarkan selama 30 menit. Kemudian bilaslah rambut dengan air dingin dan shampoo.

Itulah beberapa cara merawat rambut rusak dengan minyak zaitun.

Pilihlah salah satu cara yang mudah dilakukan oleh Anda, dan lakukanlah secara rutin agar hasilnya bisa terlihat dalam beberapa minggu perawatan. Sebaiknya perawatan kerusakan dan kerontokan menggunakan minyak zaitun ini rutin dilakukan 2 kali seminggu.

Selain menggunakan minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya seperti minyak kemiri bakar original, lidah buaya, madu, minyak kelapa dan bahan-bahan lainnya. Demikian informasi mengenai cara merawat rambut rusak dengan minyak zaitun. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *