Inilah Fase Pertumbuhan Rambut Alami Manusia

Inilah Fase Pertumbuhan Rambut Alami Manusia

banner ratu kemiri

Rambut manusia secara umum memiliki beberapa fase pertumbuhan rambut alami. Proses pertumbuhan rambut ini perlu kita ketahui agar kita menyadari bahwa menjaga kesehatan rambut adalah hal yang sangat penting.

Seringkali orang yang mengalami masalah rambut seperti kerontokan dan kebotakan rambut parah akan mengganggu kepercayaan diri. Anda harus memahami bahwa rambut memiliki beberapa fase pertumbuhan rambut alami. Anda juga harus menyadari bahwa kita akan kehilangan rambut pada setiap harinya. Jadi jangan terlalu risau jika rambut Anda terasa mengalami kerontokan rambut.

Kondisi rambut yang mengalami kerontokan disebut masih dalam kondisi normal apabila mengalami kerontokan kurang lebih 25 hingga 100 helai rambut per hari. Rata-rata setiap orang memiliki 100 ribu helai rambut. Tiap helai rambut akan menjalani fase pertumbuhan rambut alami sekitar 1/2 inci per bulan dan rambut memiliki usia hidup sekitar 4,5 tahun.

fase pertumbuhan rambut alami
fase pertumbuhan rambut alami

Akan tetapi, seringkali saat memasuki tahun kelima, fase pertumbuhan rambut akan mulai beralih ke fase kerontokan alami. Pada prosesnya, rambut yang lama akan mengalami kerontokan dengan sendirinya lalu rambut baru akan mulai tumbuh untuk menggantikan rambut yang lama. Fase pertumbuhan rambut alami ini akan memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk kondisi rambut dan kulit kepala normal pada umumnya.

Pada beberapa contoh kasus, terdapat beberapa orang yang umur rambutnya lebih panjang dibandingkan usia rambut pada umumnya, yaitu bisa mencapai 6 tahun. Jadi, hati-hati ya dalam melakukan hairstyling dengan bahan kimia seperti rebonding, smoothing, atau mewarnai rambut karena proses rambut bisa pulih kembali dan mulai mengalami pertumbuhan itu perlu waktu yang lama.

INILAH FASE PERTUMBUHAN RAMBUT ALAMI MANUSIA

Seringkali kami ditanya, kalo pake minyak kemiri bakar dari Ratu Kemiri ini, apakah sebulan bisa langsung tumbuh panjang rambutnya? Apakah pasti bisa tumbuh rambutnya? Kemungkinan besar pertanyaan semacam itu muncul karena yang bersangkutan belum mengetahui bagaimana fase pertumbuhan rambut alami yang dialami oleh manusia. Bahwa rata-rata rambut manusia mengalami pertumbuhan sekitar 0,5 inci setiap bulannya. Kondisi tersebut juga tidak bisa disamakan pada setiap orang, banyak hal yang bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Sebelum mempertanyakan mengapa rambut yang Anda miliki tidak kunjung tumbuh kembali, ada baiknya Anda memeriksa beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan alami pada rambut Anda. Apa saja faktor yang berpengaruh?

Apakah Anda sering melakukan proses hairstyling rambut seperti rebonding rambut, smoothing rambut, catok rambut, mewarnai rambut, dan sering sekali menggunakan minyak rambut? Jika masih, ada baiknya Anda mengurangi penggunaannya karena pemakaian bahan kimia dalam proses di atas akan sangat membahayakan kondisi rambut Anda.

Bagaimana pola istirahat Anda, apakah sudah mencukupi setiap harinya? Jika Anda masih terlalu banyak tidur malam atau banyak begadang, sebaiknya Anda pertimbangkan ulang kebiasaan tersebut. Kebiasaan begadang akan merusak keseimbangan dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Apakah Anda sudah rutin melakukan olahraga? Olahraga tidak selalu identik memerlukan waktu yang lama lho. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau gym sedikitnya 30 menit setiap harinya. Setelah itu, rasakan perbedaannya.

Lalu perhatikan juga bagaimana makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Apakah sudah cukup mengandung gizi baik seperti vitamin, protein, mineral, karbohidrat dan zat baik lainnya? Jangan-jangan malah kebanyakan makan fastfood atau jajanan seperti gorengan? Hehehe. Yuk diperbaiki lagi pola konsumsi makanannya supaya tubuh jadi lebih sehat. Pastikan juga Anda minum air putih yang cukup setiap harinya. Minimal 2 liter per hari ya minum air putihnya ^_^

Apakah Anda tiba-tiba mengalami gejala khusus pada rambut? Salah satu contohnya, seperti rambut rontok dengan cepat pada bagian tertentu dan berukuran koin kecil. Jika iya, hal tersebut merupakan satu gejala penyakit rambut yang bernama Alopecia Areata. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan kondisi tersebut ke dokter, untuk mengetahui penyebab dan alternatif cara pengobatannya.

Sudahkah melakukan perawatan rambut alami secara RUTIN? Kondisi rambut tiap hari biasanya sering terkena paparan polusi udara, debu, sinar matahari yang berlebihan. Belum termasuk juga jika Anda sering menggunakan alat pengering dan pemanas rambut (hair dryer). Apakah bisa Anda bayangkan jika Anda menjadi rambut dan diperlakukan seperti itu? Apa yang akan terjadi? Sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan rutin untuk rambut Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut. Anda bisa menggunakan masker rambut alami dengan berbagai pilihan bahan. Anda juga bisa melakukan perawatan dengan datang ke salon secara berkala untuk creambath dan menyegarkan kondisi rambut Anda.

Fase Pertumbuhan Rambut Alami – Anagen

Menurut penelitian dari para ilmuwan, fase pertumbuhan rambut alami dan kerontokan rambut terjadi melalui tiga tahap. Pada fase awal yang disebut fase anagen, rambut manuia akan tumbuh dengan aktif dan melakukan proses pembelahan dengan cepat dan memproduksi zat-zat mineral yang dibutuhkan oleh rambut-rambut baru.

Rambut yang baru tumbuh memiliki pori-pori rambut yang disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut akan mendorong rambut tua untuk keluar dari tempatnya, yaitu rambut berada pada akhir usia hidupnya. Hal ini akan menyebabkan terjadinya rambut rontok. Pada sebagian besar kasus, 90 persen rambut sehat biasanya rambut yang berada pada fase pertumbuhan rambut alami bagian fase anagen.

Fase Pertumbuhan Rambut Alami – Catagen

Fase pertumbuhan rambut alami manusia berikutnya adalah fase catagen. Pada umumnya kurang lebih 3 persen dari jumlah rambut Anda yang menjalani fase transisi (fase catagen). Fase pertumbuhan rambut ini akan berlangsung kurang lebih selama dua hingga tiga minggu. Pada fase ini rambut kita akan berhenti mengalami pertumbuhan dan mengalami penyusutan akar rambut.

Fase Pertumbuhan Rambut Alami – Telogen

Fase berikutnya dari fase pertumbuhan rambut alami yaitu fase akhir yang disebut telogen. Pada rentang waktu tertentu, sekitar 6-8 persen dari jumlah total rambut akan berada pada akhir usia hidup yang disebut fase telogen. Selama fase akhir dari fase pertumbuhan rambut yang membutuhkan waktu kurang lebih 100 hari ini, rambut manusia akan berhenti melakukan pertumbuhan.

Mungkin ada banyak dari Anda yang mengalami masalah kerontokan rambut berlebih dibandingkan batas normal setiap harinya hingga menyebabkan kebotakan rambut. Beberapa penyebab kerontokan yang sering dialami diantaranya adalah faktor genetic/keturunan, stress akibat tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, kelelahan fisik dan emosional. Selain itu tubuh dan rambut kekurangan asupan protein, penyakit tiroid, ditambah dari efek samping kebiasaan buruk yang sering dikerjakan, seperti melakukan smoothing dan rebonding pada rambut. Anda bisa mencoba melakukan perawatan rambut untuk mengobatinya dengan bahan alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita.

Demikian info sederhana mengenai fase pertumbuhan rambut alami pada manusia. Semoga dengan informasi ringan ini, Anda bisa lebih hati-hati dan bijak dalam menjaga kesehatan rambut Anda ya. Karena membuat rambut indah secara instan itu mudah, tetapi setelah itu malah rontok. Apa manfaatnya? ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: