Ketahui 3 Ciri Rambut Kering dan Rusak

Ketahui 3 Ciri Rambut Kering dan Rusak

banner ratu kemiri

Menata rambut memang menjadi salah satu hal yang digemari, khususnya bagi para wanita. Setiap harinya, rambut ditata sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan dapat mengubah penampilan. Berbagai teknik dan gaya styling rambut telah diciptakan dan akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Tak heran jika kita menemukan ada lebih dari ratusan teknik mengepang ataupun membentuk rambut baik yang ditujukan untuk rambut lurus maupun keriting. Selain itu, dengan bantuan alat penata rambut, seperti catok ataupun alat pengeriting, hampir berbagai jenis rambut dapat dibuat sendiri tanpa harus pergi ke salon. Namun, jika terlalu sering menggunakannya maka akan timbul ciri rambut kering dan rusak yang tidak hanya membuat rambut tak lagi indah, tetapi juga bisa menurunkan kepercayaan diri.

 

3 ciri rambut kering dan rusak
3 ciri rambut kering dan rusak

Apa Saja Ciri Rambut Kering dan Rusak?

Penting bagi kita semua untuk mengetahui beberapa ciri rambut kering dan rusak untuk mencegah kerusakan rambut yang lebih parah. Apalagi jika Anda memiliki beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan kondisi rambut. Jika Anda mulai mendapati ciri rambut kering dan rusak berikut ini, mulailah untuk lebih waspada ya. Tanda-tanda rambut kering dan rusak tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Rambut Rontok

Rambut memang akan rontok setiap harinya karena banyaknya helai rambut yang mati. Ini merupakan hal yang normal terjadi, namun jumlahnya tidak akan melebihi 100 helai per hari. Rambut yang rontok secara berlebihan, artinya lebih dari jumlah normal, merupakan ciri rambut kering dan rusak yang menjadi tanda bahwa rambut membutuhkan pertolongan. Gunakanlah tonik rambut dengan khasiat ginseng yang dipercaya bisa memperkuat akar rambut sehingga kerontokan hebat dapat diatasi dengan mudah.

  1. Warna Rambut Kusam

Rambut yang tidak bercahaya merupakan salah satu ciri rambut kering dan rusak berikutnya. Biasanya, rambut yang kusam bisa muncul karena paparan panas terlalu sering dalam jangka waktu lama sehingga jaringan dalam rambut menjadi rusak. Rambut memproduksi keratin yang berguna untuk membentuk rambut dan menjadikannya lebih bersinar. Oleh karena keratin pada rambut yang rusak karena panas, Anda harus mengurangi ritual harian seperti menggunakan catok, pengering rambut, atau pengeriting rambut yang berpotensi mengurangi keindahan kilau rambut.

  1. Rambut Patah dan Bercabang

Jika rambut Anda mulai bercabang dan patah, maka rambut sudah mengalami kerusakan yang cukup berat. Rambut yang patah tidak dari akarnya ini biasanya diakibatkan oleh gaya rambut yang diikat terlalu kencang dalam waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi patah. Namun, awalnya memang dikarenakan rambut sudah kering karena pemanasan. Selain itu, rambut yang bercabang juga merupakan akibat dari pemakaian catok ataupun bahan kimia, seperti saat rebonding atau smoothing.

Itulah beberapa ciri rambut kering dan rusak yang harus Anda cermati dan waspadai. Sebaiknya, hindari penataan rambut yang terlalu ekstrim dan sering dibanding Anda harus merawat rambut yang sudah rusak karena akan sangat sulit untuk diperbaiki seperti semula. Rawat juga rambut Anda dengan bahan alami seperti minyak kemiri bakar, minyak zaitun, dan bahan alami lainnya. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut alami yang bisa dilakukan di rumah. Selain mudah, biayanya juga lebih ekonomis jika dibandingkan melakukan perawatan di salon-salon kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: