Penyebab Kerontokan dan Kerusakan pada Rambut

Penyebab Kerontokan dan Kerusakan pada Rambut

banner ratu kemiri

Setiap orang, baik wanita maupun laki-laki, tentunya mendambakan memiliki rambut yang sehat. Rambut kering, kusam, rapuh bercabang, sulit diatur dan rontok adalah masalah yang sering dikeluhkan dan menyebabkan stress bagi pemiliknya. Terlebih lagi, saat ini juga bermunculan berbagai produk perawatan rambut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kerontokan dan kerusakan pada rambut Anda , supaya bisa melakukan pencegahan lebih dini.

Penyebab-Kerontokan-dan-Kerusakan-pada-Rambut

Inilah Penyebab Kerontokan dan Kerusakan Pada Rambut

Fase Kerontokan dan kerusakan rambut pada kulit kepala merupakan hal yang normal jika rontoknya mencapai 50-100 helai rambut. Rambut memiliki siklus yang berkembang 3-4 tahun, kemudian istirahat 3-4 bulan untuk tumbuh lagi atau mengganti rambut baru. Rambut yang mengalami kerontokan menjadi sebuah tanda pada proses terjadinya pergantian rambut baru.

Pada beberapa orang yang mengalami kerontokan dan kerusakan rambut, rambut akan mudah tumbuh kembali dalam kurun waktu seminggu atau beberapa bulan. Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika rambut rontok lebih dari 100 helai setiap hari. Kita harus mulai mengenali penyebab kerontokan dan kerusakan yang terjadi para rambut.

Penyebab kerontokan dan kerusakan rambut yang terjadi pada wanita diantaranya adalah:

  1. Rambut rontok dapat disebabkan oleh jarang keramas. Ketika rambut jarang keramas, rambut akan terlihat lembab akibat paparan sinar matahari dan bercampurnya rambut dan akar rambut dengan keringat. Ketika keringat berlebih di kulit kepala diserap oleh folikel rambut. Rambut juga terlihat “lepek” atau basah dan menimbulkan bau.
  2. Terlalu sering menggunakan alat pengering, pengeriting, dan pelurus rambut.
  3. Seringnya menggunakan bahan kimia pada rambut seperti mewarnai rambut.
  4. Ketidakseimbangan hormon, terutama pada mereka yang berusia di atas 30 tahun. Perubahan hormon diusia tersebut dapat mengakibatkan kerontokan dan kerusakan rambut.
  5. Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh seringnya mengikat rambut terlalu kuat dan digunakan terlalu lama.
  6. Kelainan genetis atau karena faktor keturunan yang disebabkan oleh salah satu gen orangtua.
  7. Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan penyakit seperti diabetes, kanker akibat efek kemoterapi dan kanker otak.
  8. Stres yang terlalu berat, sehingga urat-urat syaraf disekitar kepala memaksa akar rambut menjadi lemah dan menjadi rontok.

Baca juga: Resiko Menggunakan Minyak Rambut dalam Jangka Panjang

Penyebab kerontokan rambut pada pria

Kerontokan rambut bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk kepada pria. Penyebab kerontokan rambut pada pria pada umumnya disebabkan oleh faktor usia yang semakin bertambah. Bahkan pada sebagian besar pria, mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup parah hingga menyebabkan masalah kebotakan rambut.

Selain itu, penyebab kerontokan rambut pada pria juga dapat disebabkan oleh tingkat stress yang dialami oleh seseorang. Stress akibat tekanan dari pekerjaan, tekanan dari berbagai permasalahan kehidupan yang dialami baik pada lingkungan keluarga hingga lingkungan bermasyarakat.

Permasalahan rambut tidak hanya masalah yang dialami oleh orang dewasa. Permasalahan rambut juga bisa terjadi kepada bayi dan anak-anak Anda, silakan baca juga tips berikut ini: Tips Sehat Merawat Rambut Bayi dengan Bahan Alami.

Gaya hidup sehari-hari juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan dan kerusakan pada rambut. Cobalah Anda periksa gaya hidup sehari-hari, apakah makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi? Apakah Anda sudah cukup melakukan olahraga dan istirahat yang cukup tiap harinya? Dan berbagai faktor lainnya yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: