5 Faktor Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pada Usia Muda

5 Faktor Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pada Usia Muda

Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pada Usia Muda. Kebotakan rambut seringkali diidentikkan dengan seseorang yang sudah berusia tua, berpendidikan tinggi. Padahal seseorang bisa mengalami masalah kebotakan rambut walaupun masih usia muda.

Anda juga bisa lihat sekeliling, banyak sekali orang usia muda yang mengalami kebotakan rambut dini.

Begitu juga kami di Ratu Kemiri, tidak sedikit yang mengaku berusia 20-an hingga 30-an tahun tetapi sudah mengalami kebotakan rambut dini atau sudah mulai terlihat tanda-tanda terjadinya kebotakan rambut.

Apakah Anda salah satunya?

Siapa saja yang beresiko mengalami kebotakan rambut dini? Lalu apa saja sih penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda? Setiap orang beresiko mengalami kerontokan dan kebotakan rambut. Tidak peduli apakah orang tersebut masih muda atau sudah berusia lanjut.

Oleh sebab itu, setiap orang termasuk kami (Tim Ratu Kemiri) dan Anda yang membaca tulisan ini, harus merawat rambut dengan perhatian yang lebih serius. Selain itu, jangan seenaknya dalam memperlakukan rambut.

Tahukah Anda jika biasanya setiap orang memiliki rambut sebanyak kurang lebih 100.000 helai? Dan rata-rata setiap hari rambut manusia mengalami kerontokan kurang lebih 100 helai.

Fakta selanjutnya, yang harus Anda ketahui, rambut manusia rata-rata mengalami pertumbuhan sepanjang setengah inci (0,5 inci) setiap bulannya.

Oleh sebab itu, proses menumbuhkan / melebatkan / menebalkan rambut (seperti sediakala) akan membutuhkan waktu yang sangat panjang dan lama.

5-faktor-penyebab-kebotakan-rambut-pada-usia-dini

Akan tetapi, seringkali seseorang tidak siap untuk menghadapi kenyataan tersebut. Banyak yang seenaknya memperlakukan rambut, lalu saat rambut memburuk kondisinya hingga mengalami kerontokan dan kebotakan rambut, yang bersangkutan tidak bisa menerima.

Lalu menginginkan perawatan dengan hasil dalam waktu singkat, ingin rambutnya kembali tumbuh lebat dalam waktu cepat.

Apakah Anda termasuk salah satu diantaranya?

5 Faktor Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pada Usia Muda

Kali ini kita akan membahas apa saja faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda. Ya, tidak bisa dipungkiri masalah kebotakan rambut bisa mendatangi Anda yang berusia muda.

Apabila Anda tidak serius menjaga dan merawat rambut Anda dengan alami secara berkala, maka resiko terjadinya masalah kebotakan rambut dini akan semakin besar.

Beberapa faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah sebagai berikut:

Ketidakseimbangan Hormon Di Dalam Tubuh

Satu faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah perubahan hormone yang ada di dalam tubuh. Kondisi ini sering dialami oleh kaum wanita. Contohnya pada saat kondisi hamil, kondisi pasca melahirkan.

Selain itu, kondisi pada saat ibu menyusui juga bisa menjadi faktor penyebab rambut mengalami kerontokan. Konsumsi pil atau obat pengendali kehamilan juga bisa mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh seorang wanita.

Faktor ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam tubuh juga berkontribusi terhadap terjadinya kerontokan rambut parah hingga terjadi kebotakan rambut.

Menderita Penyakit Tertentu

Bagi beberapa orang, penyakit tertentu juga bisa menjadi faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda. Beberapa kali juga tim Ratu Kemiri menerima keluhan bahwa rambut rontok parah hingga menjadi botak setelah mengidap satu penyakit tertentu.

Salah satu contohnya adalah penyakit tifus. Ada baiknya Anda tidak menganggap remeh penyakit tifus.

Pada beberapa orang, termasuk salah satu konsumen Ratu Kemiri pernah menceritakan kondisi rambut rontok parah hingga mengalami kebotakan meluas setelah sembuh dari penyakit tifus.

Contoh penyakit lain yang menjadi faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah penyakit alopecia areata.

Satu jenis penyakit yang menyerang daya tahan tubuh Anda, gejala yang mudah terlihat adalah rambut mengalami kerontokan hingga habis. Dan yang mudah terlihat, kondisi kerontokan rambut pada penyakit Alopecia Areata ini biasanya sebesar uang koin.

Ada yang timbul di satu posisi saja, pada konsumen lain ada yang muncul bulatan sebesar koin ini di beberapa tempat. Ada baiknya Anda mencari informasi lebih dalam mengenai penyakit Alopecia Areata ini, atau konsultasikan ke dokter kulit.

Perawatan rambut herbal menggunakan minyak kemiri dan shampoo natural Ratu Kemiri bisa dilakukan sebagai pelengkap dan obat oles di bagian luar.

Anda bisa membuat minyak kemiri untuk rambut botak sendiri jika anda memiliki banyak waktu. Jika anda salah satu orang dengan kesibukan tinggi, anda bisa menggunakan varian produk Ratu Kemiri.

Siap pakai dan praktis.

 

Jika muncul infeksi tertentu di rambut dan kulit kepala, ada baiknya segera Anda periksakan atau obati dengan perawatan rambut yang alami. Penyebab umum terjadinya infeksi pada kulit kepala diantaranya adalah ketombe rambut dan kutu rambut.

Ketombe rambut seringkali muncul jika Anda tidak bersih saat membilas setelah melakukan keramas menggunakan shampoo. Akibatnya, tidak lama setelah itu akan mulai muncul ketombe pada rambut dan kulit kepala yang ditandai adanya serpihan berwarna putih di rambut dan kulit kepala yang biasanya disertai dengan rasa gatal.

Sedangkan kutu rambut, bisa muncul karena tingkat kebersihan tubuh Anda yang tidak terjaga dengan baik. Bisa tingkat kebersihan diri Anda sendiri hingga tingkat kebersihan dari lingkungan di sekeliling Anda.

Pastikan semuanya bersih untuk menghindari munculnya kutu pada rambut.

 

Penyebab Kebotakan Rambut Dini pada Usia Muda

Sedang Menjalani Proses Pengobatan Tertentu

Salah satu faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah menjalani proses kemoterapi. Proses kemoterapi dilakukan untuk terapi pengobatan kanker.

Sinar radiasi yang dihasilkan saat proses kemoterapi ini sangat keras efeknya pada rambut, sehingga seringkali rambut akan rontok hebat hingga mengalami kebotakan plontos setelah menjalani kemoterapi.

Kelebihan tingkat konsumsi vitamin A juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh dan rambut Anda. Oleh sebab itu, tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsi multivitamin tertentu, secukupnya dan sesuai anjuran yang sudah ditetapkan.

Efek Psikologis yang Terjadi di Dalam Tubuh

Kondisi psikologis seseorang juga akan sangat mempengaruhi tingkat kesehatan rambut. Paling sederhananya adalah tekanan-tekanan yang terjadi di lingkungan pekerjaan.

Pekerjaan yang tiada habisnya, deadline tugas ataupun pekerjaan yang berdekatan satu sama lain bisa mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Lama kelamaan, Anda bisa stress dalam menghadapi hal-hal tersebut.

Nah, kondisi stress tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda.

Anda harus lebih bijak dalam mensikapi hal-hal yang menjadi tugas dan kewajiban Anda, baik di lingkungan sekolah/perkuliahan, lingkungan pekerjaan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat yang lebih luas, dan lain sebagainya.

Kekurangan Nutrisi di Dalam Tubuh

Faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda berikutnya adalah Anda tidak menjaga asupan gizi yang baik untuk tubuh Anda. Banyaknya jenis makanan cepat saji seringkali menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Belum termasuk jenis makanan lain yang tidak cukup gizinya.

Seperti halnya bagian dan sel di dalam tubuh yang memerlukan nutrisi baik untuk berkembang dan tumbuh dengan baik, begitu juga halnya dengan rambut Anda.

Rambut memerlukan nutrisi yang cukup untuk bisa mempertahankan kesehatannya secara alami dan untuk tumbuh lebih panjang. Nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

Omega 3, selain bermanfaat untuk otak, omega 3 juga baik sebagai nutrisi untuk rambut. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri omega 3. Dengan cukup mengkonsumsi omega 3, bisa melembabkan rambut dan menambah elastisitas alami pada rambut Anda.

Sumber makanan yang banyak mengandung omega 3 diantaranya ikan salmon, ikan tuna, kacang kenari, dan lain-lain.

Zinc (Seng), Zat seng bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Salah satu faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah disebabkan ketidakseimbangan hormon.

Zat seng ini akan membantu menstabilkan tingkat hormon seseorang. Bahan makanan yang banyak mengandung seng diantaranya buncis, gandum, tiram, daging dan hati sapi.

Zat Besi, banyak membantu untuk memperlancar sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh, termasuk ke kulit kepala. Apa saja sumber makanan yang banyak mengandung zat besi?

Anda bisa mendapatkannya melalui sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, daging merah, kuning telur, dan tiram.

Magnesium, adalah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, akan memicu kerontokan rambut dan menjadi faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda.

Sumber makanan yang banyak mengandung magnesium diantaranya kacang almond, kacang mete, dan beras merah.

Demikianlah informasi sederhana mengenai faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda.

Jika Anda tidak terbiasa mengkonsumsi sayuran dan makanan bergizi lainnya, sebaiknya Anda mulai melatih untuk mengkonsumsinya secara perlahan, lama kelamaan juga akan terbiasa.

Jika Anda terlalu stress dan tidak bisa menikmati aktivitas pekerjaan, Anda memerlukan waktu lebih untuk beristirahat dan berolahraga.

Anda bisa mencoba berbagai aktivitas dan metode untuk lebih sehat dan membuat tubuh Anda merasa rileks kembali.  Selamat mencoba ya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *