Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Smoothing dan Hairstyling

Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Smoothing dan Hairstyling. Bila kita melihat iklan shampo atau perawatan rambut lainnya di media elektronik, jarang sekali yang menggunakan model berambut keriting.

Hampir semua modelnya memiliki rambut lurus, bersinar, dan sempurna. Hal ini menimbulkan pemikiran bahwa rambut yang lurus adalah rambut yang indah, sementara rambut keriting terlihat berantakan dan tidak terawat.

Akibat pembentukan persepsi seperti itu, tren untuk meluruskan rambut semakin meluas, mulai dari keriting papan, rebonding, dan smoothing rambut menjadi beberapa pilihan metode untuk mendapatkan rambut lurus.

Akan tetapi, cara tersebut ternyata mengakibatkan kerusakan rambut dalam jangka panjang. Kerusakan rambut yang paling umum untuk dialami adalah rambut yang makin kering hingga rambut yang mengalami kerontokan.

Berikut beberapa cara mengobati rambut rusak akibat smoothing dengan mudah.

Cara Mengobati Rambut Rusak akibat Smoothing dengan Mudah

Keinginan untuk rampil cantik dan memiliki rambut lurus, panjang dan indah tentunya menjadi impian bagi banyak wanita, barangkali Anda juga salah satunya.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan atau memiliki rambut lurus, panjang dan indah seperti yang banyak ditampilkan di iklan-iklan media elektronik?

Cara-cara yang popular untuk bisa memiliki rambut yang lurus dengan cepat adalah melakukan hairstyling seperti rebonding, smoothing rambut dan lain-lain.

cara mengobati rambut rusak akibat smoothing

Tampilan rambut memang akan berubah secara cepat. Rambut akan terlihat lebih indah setelah melakukan proses smoothing atau rebonding rambut.

Akan tetapi, pada saat Anda melakukan proses diatas, apakah sempat terpikir resiko yang bisa muncul karena proses smoothing rambut?

Bagaimana dampak jangka panjang untuk kesehatan rambut Anda? Lalu, jika sudah terlanjur mengalami kerusakan, bagaimana cara mengobati rambut rusak akibat smoothing? Berikut ini beberapa ulasan singkatnya.

Jangan melakukan hairstyling berlebihan

Untuk menjaga rambut agar tidak rusak lebih parah, sebaiknya hentikan pemakaian alat-alat penata rambut yang menggunakan panas tinggi pada setiap helai rambut.

Alat seperti hair dryer, catok, ataupun alat pengeriting bisa semakin merusak keratin yang merupakan protein pembentuk rambut. Cara mengobati rambut rusak akibat smoothing ini bisa Anda coba dengan beberapa metode menata rambut.

Sebaiknya Anda menghindari untuk menggunakan alat yang memakai panas untuk membentuk rambut, seperti mengepangnya untuk mendapatkan rambut yang lebih bergelombang.

Selain itu, cara mengobati rambut rusak akibat smoothing ini bisa dilakukan juga dengan menghindari mengikat rambut terlalu kencang dan rapat. Baik itu pada saat aktivitas sehari-hari maupun pada saat akan beristirahat atau tidur di rumah. Biarkan rambut menjuntai dan bernapas secara alami seperti bentuk aslinya.

Beri perawatan ekstra pada rambut

Setelah melakukan smoothing, rambut akan rusak akibat bahan kimia yang berlebihan yang diaplikasikan padarambut untuk meluruskannya.

Untuk itu, cara mengobati rambut rusak akibat smoothing bisa Anda lakukan dengan lebih rajin merawat rambut rusak dengan memberinya vitamin rambut yang dibutuhkan agar tetap sehat. Contohnya, gunakan hair tonic, vitamin rambut, ataupun masker rambut untuk mengembalikan keratin rambut yang hilang.

Beberapa contoh masker rambut alami yang baik dan bermanfaat untuk merawat rambut rusak akibat proses smoothing rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

Masker Rambut Telur dan Jeruk Nipis

Salah satu masker alami untuk rambut yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati rambut rusak akibat smoothing adalah jeruk nipis yang dikombinasikan dengan telur.

Telur kaya akan kandungan protein yang baik untuk rambut. Cara membuat masker rambut alami ini juga sangat mudah:

  1. Siapkan satu butir telur dan tiga buah jeruk nipis;
  2. Masukkan satu butir kuning telur dan perasan tiga jeruk nipis ke dalam wadah khusus;
  3. Aduk kuning telur dan air perasan jeruk nipis tersebut hingga tercampur dengan baik;
  4. Setelah itu, Anda bisa mulai menggunakannya pada rambut Anda. Oleskan masker tersebut di rambut dan kulit kepala Anda, pijat dengan lembut secara merata;
  5. Diamkan selama kurang lebih satu hingga dua jam;
  6. Bilas dan keramas rambut Anda untuk membersihkan bekas penggunaan masker rambut. Pastikan Anda membilas dan keramas hingga bersih.

Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker rambut telur dan jeruk nipis ini satu kali dalam seminggu. Tips mudah untuk Anda, pastikan rambut dan kulit kepala dalam keadaan bersih dan segar ya saat akan mulai proses perawatan rambutnya supaya lebih optimal hasilnya.

Masker Rambut Lidah Buaya

Lidah buaya juga bermanfaat sebagai cara mengobati rambut rusak akibat smoothing. Anda bisa melakukan perawatan ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Tanaman lidah buaya juga mudah untuk Anda temukan di sekitar, atau bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di rumah.

Cara menggunakannya cukup dengan mengambil beberapa potong daun lidah buaya. Setelah itu keluarkan gel yang ada di dalam lidah buaya lalu Anda bisa oleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala.

Setelah itu diamkan selama 45 hingga 60 menit ya, baru dibilas dan bersihkan dengan shampoo. Lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati rambut yang mengalami masalah ketombe, kulit kepala gatal-gatal hingga masalah rambut rontok.

Anda bisa menggunakan masker rambut lidah buaya ini secara langsung atau bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya yang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut.

Contoh bahan alami lainnya yang bisa digunakan antara lain minyak kemiri bakar, minyak zaitun, buah alpukat, jeruk lemon, minyak kelapa dan lain-lain.

 

Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Smoothing

Trim rambut secara teratur

Biasanya, rambut rusak akan sangat jelas terlihat dari ujungnya yang bercabang, kering, dan kusam. Salah satu cara mengobati rambut rusak akibat smoothing bisa dilakukan dengan satu cara sederhana, yaitu memotong ujung rambut (trim rambut).

Anda bisa melakukan trim rambut atau potong rambut secara teratur agar rambut tidak terlalu terlihat rusak. Selain itu, bisa memperlambat rambut makin banyak yang mengalami kerusakan dan ujungnya bercabang.

Lakukan hal ini setidaknya satu bulan sekali dan tidak perlu memotongnya terlalu pendek, hanya ujung yang terlihat rusak saja.

Pakai sisir bergigi jarang

Kerusakan rambut dan kerontokan rambut yang sudah terjadi bisa men jadi lebih parah karena pilihan sisir yang salah. Menggunakan sisir dengan gigi yang terlalu rapat bisa menimbulkan gesekan pada rambut lebih besar dan akhirnya “merobek” lapisan luar rambut.

Untuk itu, sebagai cara mengobati rambut rusak akibat smoothing, disarankan Anda untuk memilih sisir bergigi jarang saat ingin merapikan rambut.

Jika rambut masih basah sehabis keramas atau mandi juga sebaiknya hindari untuk menyisir rambut secara langsung. Rambut yang kondisinya masih basah akan lebih rentan dan mudah patah saat disisir secara langsung.

Itulah sharing sederhana mengenai beberapa cara mengobati rambut rusak akibat smoothing. Semoga cara perawatan rambut rusak tersebut berhasil mengembalikan keindahan rambut Anda.

Pastikan Anda juga menjaga keseimbangan dan gaya hidup sehat ya, supaya perawatan rambutnya bisa semakin optimal hasilnya. Selain itu, tubuh juga tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *