Inilah Faktor Penyebab Kerontokan Rambut Pada Wanita

Faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita harus diketahui oleh setiap orang. Hal ini disebabkan, masalah rambut yang paling sering dialami oleh wanita adalah masalah rambut rontok.

Rambut rontok sering membuat rasa tidak nyaman saat menyisir seolah-olah rambut yang ada di kepala kita akan habis terbawa sisir. Jika masalah rambut rontok dibiarkan akan membuat rambut anda semakin menipis dan menyebabkan kebotakan.

Rambut yang sering disebut sebagai mahkota tentu merupakan hal yang paling penting dalam mendukung penampilan selain tampilan wajah dan fashion.

Meskipun sudah melakukan perawatan rambut yang lengkap dengan jasa salon professional atau dengan bahan-bahan herbal yang terpercaya sebaiknya anda mengetahui faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Inilah Faktor Penyebab Kerontokan Rambut Pada Wanita

Inilah Faktor Penyebab Kerontokan Rambut Pada Wanita

Mengetahui faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita ini menjadi penting agar anda dapat menentukan solusi yang tepat sesuai dengan faktor penyebab kerontokan pada rambut anda.

Ternyata inilah hal-hal yang dapat menjadi faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita.

 

Ketidakseimbangan hormon

Tingkat hormon yang ada pada tubuh wanita bisa mempengaruhi kesehatan anda secara umum termasuk kesehatan rambut. Rambut rontok dapat disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak stabil yang sering dialami oleh mayoritas wanita.

Stress, diet, penggunaan pil KB, dan tingkat hormon progesterone yang rendah merupakan faktor-faktor yang menyebabkan kondisi hormon dalam tubuh wanita tidak seimbang.

Contoh mudahnya ialah pada seorang wanita yang sedang hamil, lalu melahirkan dan menjalani periode menyusui bayinya. Perubahan hormon dalam tubuh seorang wanita jadi satu faktor penyebab kerontokan rambut yang tidak bisa dihindari.

Masa kehamilan, periode melahirkan dan masa menyusui juga sangat mempengaruhi kondisi hormon wanita. Tidak heran masalah rambut rontok sering dijumpai saat seorang wanita sedang hamil hingga masa menyusui bayi.

 

Faktor keturunan

Rambut rontok ternyata juga bisa diakibatkan oleh faktor keturunan atau genetic (adrogenetic alopecia). Masalah rambut rontok yang diakibatkan oleh faktor genetic biasamya akan terjadi setelah masa pubertas.

Hal ini menyebabkan seorang yang mengalami masalah rambut rontok karena faktor genetic memiliki rambut yang tipis kecuali bagian depan.

 

Telogen effluvium

Telogen effluvium merupakan faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita yang terjadi secara tiba-tiba dan parah.

Kerontokan rambut ini disebabkan oleh stress yang terjadi dalam waktu yang cukup lama atau bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sebagai efek reaksi penggunaan obat-obatan kimia dalam jangka panjang.

Dalam kondisi kerontokan rambut yang kronis, rambut rontok bisa berlangsung selama kurang lebih enam minggu hingga tiga bulan. Kerontokan ini dapat dicegah dengan melakukan kegiatan baru untuk mengurangi stress dan dengan mengurangi penggunaan obat-obatan.

 

Hair styling

Memiliki rambut yang indah memang merupakan impian setiap orang, terlebih wanita.

Oleh sebab itu, banyak kaum wanita yang melakukan proses hair styling untuk mendapatkan tampilan rambut sesuai dengan keinginan. Tanpa disadari, proses ini menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan rambut yang sangat berat.

Pada umumnya seseorang yang melakukan hair styling dikarenakan tuntutan peran seperti artis-artis atau karena hobi. Padahal melakukan proses hair styling terus menerus akan menjadi faktor penyebab kerontokan rambut pada wanita.

Tampil dengan gaya rambut sesuai keinginan tentu hal yang menarik untuk dilakukan.

Akan tetapi, jika anda termasuk orang yang sering melakukan hair styling maka anda harus melakukan perawatan rambut yang tepat dan intensif.

Proses hair styling seperti membuat rambut menjadi keriting, lurus atau mewarnai rambut yang terlalu sering akan menimbulkan kerusakan pada rambut.

Proses hair styling yang sering dilakukan diantaranya ialah melakukan rebonding rambut, smoothing rambut, mewarnai rambut, bleaching rambut, hingga memakai minyak atau gel rambut terus menerus.

Bahan kimia yang terkandung dalam produk hair styling dapat merusak kesehatan rambut anda. Mencatok rambut secara terus menerus juga dapat membuat rambut rusak sehingga rambut mudah patah dan rontok.

Faktor Penyakit

Faktor berikutnya yang bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut ialah seseorang mengalami penyakit tertentu.

Sebagai contoh, penyakit yang menimbulkan masalah rambut rontok ialah penyakit auto imun seperti penyakit Alopecia Areata. Gejala umum penyakit ini mudah dikenali.

Rambut seseorang akan rontok hingga botak sebesar ukuran koin. Ada yang rontok pada satu area saja dan ada yang rontok seukuran koin pada beberapa area kepala sekaligus.

Proses Kemoterapi

Faktor penyebab kerontokan rambut berikutnya ialah seseorang perlu menjalani proses kemoterapi sebagai rangkaian proses pengobatan penyakit tertentu. Biasanya penyakit kanker yang memerlukan proses pengobatan seperti kemoterapi ini.

Pada proses kemoterapi, seseorang akan terkena sinar radiasi dalam waktu tertentu. Radiasi tersebut yang bisa menyebabkan rambut akan semakin melemah hingga akhirnya mengalami kerontokan rambut.

Tidak jarang setelah menjalani kemoterapi, seorang pasien rambutnya banyak rontok hingga mengalami kebotakan rambut plontos.

Tips sederhana untuk rambut anda, berikan nutrisi rambut yang natural dan alami pada rambut anda secara teratur agar rambut tetap sehat

Beberapa penyebab masalah kerontokan rambut yang sering terjadi pada wanita dapat dicegah seperti kerontokan akibat stress, diet atau proses hair styling.

Jika anda sudah mengetahui penyebab rambut anda mengalami kerontokan maka anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Demikian sharing informasi mengenai faktor penyebab kerontokan rambut yang perlu anda ketahui.

Semoga bermanfaat.