Kupon Diskon Khusus

Daftar di sini untuk mendapat informasi KODE KUPON DISKON yang bisa anda gunakan untuk pemesanan Ratu Kemiri

merk shampoo tanpa SLS untuk rambut bayi dan dewasa - ratu kemiri 0878 2338 1610

Beberapa Tipe Kebotakan Pada Pria dan Penyebabnya

Beberapa Tipe Kebotakan Pada Pria dan Penyebabnya

Botak atau kebotakan memang menjadi masalah yang cukup meresahkan baik bagi pria maupun wanita. Pasalnya, dengan memiliki rambut yang botak akan sangat mempengaruhi penampilan dan membuat orang kurang percaya diri. Dengan memiliki rambut botak, sudah pasti jika Anda ingin menyuburkan kembali rambut botak seperti semula.

Kata lain dari botak yaitu Alopecia, yang merupakan kata dari bahasa Yunani yang bermakna binatang rubah. Ungkapan tersebut karena rubah adalah binatang yang mudah terserang oleh penyakit yang dapat merontokkan bulunya dengan mudah, seperti halnya pada manusia yang mengalami kebotakan.

Beberapa Tipe Kebotakan Pada Pria dan Penyebabnya

Beberapa Tipe Kebotakan Pada Pria dan Penyebabnya

Kebotakan sendiri memiliki banyak penyebab dan jenisnya. Bahkan wanita dan pria juga memiliki tipe kebotakan yang  berbeda. Berikut beberapa tipe kebotakan pada pria beserta penyebabnya:

  • Alopecia Areata atau Kebotakan Setengah

Penyebab kebotakan setengah ini adalah karena seseorang mengalami kerontokan rambut yang parah pada bagian permukaan kepala berbentuk bulat atau lonjong. Kebotakan tipe ini juga kerap disebut dengan botak koin, karena bentuknya sangat mirip koin di tengah kepala.

Masalah rambut dengan tipe kebotakan pada pria seperti ini biasanya akan bisa disembuhkan selama kurang lebih 5 hingga 10 bulan. Namun jika tidak segera diatasi, ditakutkan akan berimbas pada kulit kepala dan mengakibatkan kebotakan total.

Penderita yang mengalami tipe kebotakan setengah ini sebaiknya lebih bisa mengatur tingkat emosionalnya. Karena stress dan emosional menjadi faktor utama dari kebotakan tersebut.

  • Temporrary Hair Loss atau Kebotakan Sementara

Ada banyak faktor dan penyebab untuk tipe kebotakan pada pria kali ini, yaitu stress yang berlebihan, penyakit berat, wanita yang usai melahirkan, operasi dan pengobatan dengan dosis yang cukup tinggi.

Penderita kebotakan ini biasanya akan mengalami kerontokan rambut secara tiba-tiba selama beberapa waktu. Biasanya terjadi dalam kurun waktu 1 bulan sampai 3 bulan.

Kendati demikian, masa pemulihan totalnya bahkan memakan waktu hingga 1 tahun, atau tergantung dengan penyebabnya. Cara pencegahan karena stress adalah dengan mengondisikan tubuh dan pikiran agar tidak terlalu stress.

  • Compulsive Hair Pulling atau Rambut yang Tertarik Secara Paksa

Jika kebotakan lain berawal dari kulit kepala yang kurang sehat, tipe kebotakan pada pria kali ini disebabkan oleh tarikan pada rambut yang terlalu kencang dan dalam waktu yang lama.

Tipe kebotakan ini sering terjadi pada seseorang yang sering mengikat rambutnya dengan gaya ekor kuda (mengikat ke belakang). Kerontokan rambut terjadi karena daya tarik rambut yang sangat kencang.

Pencegahannya adalah dengan mengurangi mengikat rambut terlalu kencang, terutama dengan menggunakan karet gelang. Lebih baik untuk menggunakan ikat rambut dari bahan yang lebih halus sehingga tidak akan menarik rambut Anda lagi.

  • Alopecia Pressura

Tipe kebotakan pada pria selajutnya adalah Alopecia Pressura, dimana kebotakan ini terjadi karena tekanan kuat pada rambut dalam kurun waktu yang lama. Misalnya, penggunaan aksesoris dan hiasan pada rambut yang terlalu berat.

Penggunaan mahkota, sanggul, kepang rambut atau bandana yang terlalu kencang lebih baik dikurangi untuk mencegah kebotakan semakin parah. Jika terpaksa harus menggunakan aksesoris rambut, gunakanlah yang ringan saja dan tidak membebani rambut dalam waktu yang lama.

  • Alopecia Traumatic

Tipe kebotakan pada pria kali ini terjadi karena rambut sering terkena bahan kimia yang berlebihan. Penggunaan bahan kimia pada rambut akan menyebabkan rambut mengalami trauma dan mengalami gangguan siklus pada kandungan rambut.

Gangguan siklus tersebut menyebabkan fase anagenta menjadi lebih pendek dan fase telogen lebih panjang. Maka dari itu, kurangi penggunaan bahan kimia yang dapat merusak kesehatan rambut dan lebih baik gunakan saja bahan perawatan rambut yang alami.

Nah, dari beberapa tipe kebotakan pada pria seperti di atas, adakah yang sedang mengalaminya? Jika iya, lebih baik untuk segera mengobatinya dengan bahan-bahan pengobatan tradisional yang sehat. Salah satu bahan tradisional yang sehat yang sudah terbukti aman dan ampuh dapat menumbuhkan rambut yang botak adalah menggunakan minyak kemiri.

Minyak kemiri terbuat dari biji kemiri yang di sangrai yang nantinya akan menghasilkan saripati dan minyak kemiri. Sangat mudah dalam menggunakan minyak kemiri. Sekarang Anda tidak perlu repot – repot untuk menyangrai kemiri terlebih dahulu. Ratu Kemiri sudah menyediakan minyak kemiri yang bisa langsung Anda gunakan dan langsung pula merasakan manfaatnya.

Hindari juga beberapa penyebab sesuai dengan jenis kebotakan yang Anda alami untuk pencegahan dini.

Demikian sharing mengenai beberapa tipe kebotakan pada pria dan penyebabnya. Semoga rambut Anda yang botak dapat teratasi dengan baik dengan menggunakan bahan tradisional yang sudah terbukti aman dan terpercaya.

(Visited 54 times, 1 visits today)
Dapatkan info lengkap di WhatsappChat Sekarang
+ +